Penggunaan Punctuation dalam Ejaan Bahasa Inggris

Posted on
  • Share
  • CevherShare
  • Share

Aktifitas membaca pastinya sudah sering kita lakukan, bahkan mungkin beberapa dari kita menjadikan aktifitas ini sebagai sebuah hobi. Ketika membaca sebuah majalah atau surat kabar, mungkin kita akan menemukan beberapa tanda baca yang sangat familiar. Tanda baca yang sering kita temui biasanya seperti titik dan koma. Penggunaan tanda baca memang berlaku universal, dalam setiap ejaan kalimat penggunaan tanda baca sudah menjadi keharusan, termasuk dalam kalimat ejaan bahasa Inggris.
Secara umum, tanda baca dapat didefinisikan sebagai simbol-simbol yang berfungsi sebagai pemisah kata, phrase atau pada kalimat sehingga menjadi lebah jelas dan mudah dipahami. Tanda baca sangat  penting untuk digunakan dalam sebuah bahasa lisan maupun tertulis. Dalam sebuah kalimat tertulis, pemakaian tanda baca membantu mengungkapkan makna yang dimaksudkan kalimat.
Dalam ejaan kalimat bahasa Inggris, kita mengenalnya sebagai English punctuation. Dalam surat kabar, buku atau artikel berbahasa Inggris, tanda baca umum yang paling sering digunakan antara lain: full stop (titik), comma (koma), ellipsis (titik-titik), colon (titik dua), semicolon (titik koma), question mark (tanda tanya), exclamation mark (tanda seru). Berikut ini review beberapa English punctuation:
Tanda Full stop ( . ) digunakan untuk mengakhiri kalimat pernyataan. Contohnya pada kalimat: that is my favorites football team.
Tanda comma ( , ) digunakan untuk menjukan jeda dalam kalimat atau sebagai tanda yang menunjukan tiga atau lebih dari benda yang berbeda. Mother guest me to buy some fruits like apple, orange and water melon.
Tanda ellips (…) berguna untuk menunjukkan bagian yang hilang pada direct quotation (kutipan langsung. Selain itu penggunaan tanda baca ini dilakukan sebagai tanda untu pengurangan satu kata atau lebih dalam sebuah paragraph, biasanya digunakan pada kutipan. Contohnya: “Nobody can fell…”, Romy said.
Tanda baca semicolon ( ; ) berguna untuk memisahkan general statement (pernyataan umum) dengan following specifics (rincian) dalam sebuah kalimat. Contohnya: This book is mine; not yours.
Punctuation pada colon ( :  ) digunakan sebagai tanda untuk menghubungkan dua independent clause atau induk kalimat menjadi satu kalimat. Contohnya: To make the cake, we need some ingredients as follow: flour, water, sugar, salt, eggs, and fresh milk.
Question mark ( ? ) digunakan sebagai punctuation untuk mengakhiri direct question, dan question. Contohnya: Can you tell me, what’s wrong with my style ?
Exlamation mark ( ! ) berfungsi untuk mengakhiri exclamatory sentence atau kalimat seru. Punctuation biasanya digunakan untuk menunjukan kegembiraan atau kejutan. Contohnya: “Congratulation!” Andri said that you won the competition.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>